Pilkades Serentak, Dandim dan Kapolres Pantau Langsung di Lapangan

Terkini.id, Ponorogo – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Ponorogo digelar, Selasa 22 November 2022. Adapun jumlah desa yang melaksanakan pemilihan yaitu berjumlah 23 desa yang ada di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Untuk memastikan kegiatan berjalan tertib, aman, dan lancar, Dandim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Hirta Juni Adriansyah, bersama Pamatwil Polda Jatim, Kombes Pol Sodiq Pratomo, dan Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyo Wibowo, langsung terjun memantau ke lokasi pemilihan kepala desa.

“Hari ini dilaksanakan Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Ponorogo.Seperti yang telah saya sampaikan kemarin saat apel kesiapan pengamanan, bahwa peninjauan langsung ke lokasi ini adalah untuk memastikan agar pelaksanaan pemilihan berjalan tertib, aman, dan lancar,” ujar Dandim Ponorogo.

Baca Juga: Pemuda dan Wanita LDII Ponorogo Dilantik, Dukung Ponorogo Hebat

Sejumlah TPS yang dipantau di antaranya TPS Induk bertempat di SDN Desa Morosari, Kecamatan Sukorejo dan TPS Induk yang berada di Balai Desa Manuk, Kecamatan Siman.

Peninjauan secara langsung itu dilakukan juga untuk memberikan semangat kepada anggota khususnya yang sedang melaksanakan tugas pengamanan Pilkades serentak tersebut.

Baca Juga: Kasus Penimbunan BBM 1,5 Ton Berhasil Diungkap

“Kami bersama Pamatwil, Pak Dandim, dan PJU meninjau beberapa TPS. Untuk melihat sejauh mana perkembangan situasi pelaksanaan Pilkades serentak, juga untuk mengecek personil yang bertugas di lapangan,” kata AKBP Catur C Wibowo.

Dari hasil peninjauan, didapati bahwa secara global situasi aman dan kondusif. Namun demikian, karena rangkaian Pilkades serentak belum selesai pihaknya meminta kepada seluruh petugas pengamanan untuk melaksanakan tugasnya dengan baik.

Dia berharap, tidak ada kejadian yang menonjol pada kontentasi Pilkades serentak tahun 2022 di wilayah Kabupaten Ponorogo, “Semoga tidak ada kejadian yang menonjol, situasi terus kondusif hingga acara pilkasdes dinyatakan selesai,” harap Kapolres Ponorogo.

Baca Juga: Kasus Penimbunan BBM 1,5 Ton Berhasil Diungkap

Dalam pilkades serentak tersebut, ada 23 Desa di 13 Kecamatan dengan jumlah Cakades 58 mengikuti kontestasi untuk dipilih menjadi orang nomor satu di desa masing masing. Polres Ponorogo menerjunkan 1.000 lebih personil gabungan. Mereka disiagakan di TPS hingga acara pemungutan suara dan pengamanan logistik Pilkades benar benar dinyatakan aman, lancar, dan kondusif. (bid)

Bagikan