Ribuan Penari Ganong dan Sufi Ponorogo Pecahkan Rekor MURI

Terkini.id, Ponorogo – Ribuan penari ganong dan sufi Ponorogo memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Pagelaran yang bertajuk Parade 2022 Ganong feat Sufi itu dilakukan di Jalan HOS Cokroaminoto dan Jalan Jendral Sudirman Ponorogo, Selasa 9 Agustus 2022.

Total ada 2022 penari ganong dan 100 penari sufi ikut dalam kolaborasi itu. Ribuan penari Ganong itu berasal dari SD dan SMP, sedangkan penari sufi dari pondok pesantren di Ponorogo. Kolaborasi menampilkan harmoni antara penari ganong yang menari – nari dengan alunan gamelan dan penari sufi yang berputar terus menerus.

Pagelaran tari ganong dan tari sufi itu  merupakan perwujudan dari perpaduan budaya dan santri. Hal ini sesuai dengan karakter Ponorogo yang dikenal sebagai kota budaya dan kota santri. “Tarian ganong itu mempunyai makna yang berkaitan dengan tari sufi. Ganong itu lincah dan energik tapi pakai topeng, artinya tidak mau diketahui,” kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Baca Juga: Gowes Bersarung Ponorogo Pecahkan Rekor MURI

“Berbuat baik dan hebat namun jangan diperlihatkan, sembunyikan agar dapat pahala. Ini sama dengan sufi yang artinya ikhlas,” tambahnya.

Parade masuk dalam MURI kategori rekor dunia

Kedua jalan dimana parade berlangsung dipadati oleh masyarakat Ponorogo, yang sangat antusias untuk melihat kolaborasi ganong dan sufi. Kang Bupati mengaku senang dengan antusiasme tersebut. “Terima kasih pada masyarakat atas dukungannya. Dan saya juga minta maaf jika kegiatan ini agak mengganggu lalu lintas,” ungkapnya. 

Parade Ganong feat Sufi bukan hanya menyedot masyarakat Ponorogo, bahkan beberapa warga negara Korea Selatan datang untuk melihat parade tersebut. Ini artinya kolaborasi tari itu tidak hanya punya nilai filosofi dan seni, tapi juga punya potensi untuk menjadi ekonomi kreatif yang baru.

Kolaborasi merupakan paduan budaya dan religi

Sementara itu, Direktur MURI Sri Widayati mengatakan bahwa Ponorogo terbukti kaya akan seni budaya. Sebelum memecahkan rekor terbaru ini, Ponorogo telah memecahkan rekor krido warok cilik beberapa waktu silam.

“Kali ini rekor Bujangganong terbanyak yang tercatat di MURI kategori rekor dunia. MURI sangat mengapresiasi prestasi Pemkab Ponorogo yang bekerjasama dengan berbagai pihak terutama dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga,” 

“Pelaksanaan ini disampaikan dalam rangka memperingati hari jadi ke 526 Kabupaten Ponorogo. Kami ucapkan Selamat Dirgahayu Kabupaten Ponorogo. Semoga terus berkarya, berprestasi mengharumkan nama Kabupaten Ponorogo baik di tingkat nasional maupun unternasional. Kami harapkan semoga kegiatan seni yang dimiliki oleh Kabupaten Ponorogo semakin berkembang,” pungkasnya. (adv/wida)

Bagikan