HUT ke-76, SMPN 1 Ponorogo Gelar Wayang dan Launching Buku Dalang Cilik

Terkini.id, Ponorogo – Dalam rangka peringatan HUT ke-76, SMPN 1 Ponorogo mengadakan pagelaran wayang kulit dan melaunching buku dalang cilik. Kegiatan peringatan itu dilaksanakan di Halaman SMPN 1 Ponorogo, Sabtu 6 Agustus 2022.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko secara langsung datang ke SMPN 1 Ponorogo, hal ini sebagai apresiasi atas prestasi sekolah. Bukan hanya prestasi akademik, SMPN 1 Ponorogo juga memiliki prestasi non akademik yang ciamik, salah satunya di bidang budaya yaitu wayang.

“Saya bangga pada SMPN 1 Ponorogo, sungguh luar biasa. Kami ini sedang membangun kota, kami mengutamakan moral. Dengan adanya sekolah berkualitas, pembangunan moral dan mindset masyarakat dapat dilaksanakan,” kata Kang Bupati.

“Banyak sekolah mengikuti pola yang diterapkan oleh SMPN 1 Ponorogo. Ke depan semoga imtek dan imtaq sekolah dapat meningkat,” tambahnya.

Penyerahan buku dalang cilik oleh Kepala SMPN 1 Ponorogo Imam Mujahid kepada Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko

Pentas wayang kulit yang digelar itu mengambil lakon Sayemboro Slogohimo dengan Dalang Ki Tantut Sutanto. Untuk buku dalang cilik, digarap dalam waktu sekitar satu bulan dan berisi lakon wayang yang pernah dipentaskan oleh 15 dalang cilik SMPN 1 Ponorogo.

15 lakon atau cerita wayang itu dijadikan satu. Untuk naskahnya dibuat dalam Bahasa Indonesia. Setiap lakon wayang mempunyai pesan moral, yang dapat diambil dan diajarkan pada peserta didik. 

Buku tersebut diluncurkan dengan tujuan untuk menumbuhkan kecintaan wayang pada generasi muda. “Kita tumbuhkan rasa cinta generasi muda pada wayang. Kebetulan wayang ini sudah lama ada di SMPN 1 Ponorogo, kita telah sukses mencetak 15 dalang cilik. InsyaAllah akan kita teruskan,” terang Imam Mujahid, Kepala SMPN 1 Ponorogo. (wida)

Bagikan