Sambangi Ponorogo, Sandiaga Uno Apresiasi Festival Reog Nasional

Terkini.id, Ponorogo – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan apresiasinya pada gelaran Festival Reog Nasional (FRN). Hal itu diungkapkan ketika mengunjungi Ponorogo dan melihat secara langsung pertunjukan Reog, Rabu 27 Juli 2022.

Menurut Mas Menteri, Reog punya daya tarik dan nilai magis yang kuat. Reog merupakan pentas seni kolosal dan pantas didukung untuk masuk sebagai warisan budaya tak benda UNESCO. 

“Reog itu asli Ponorogo, kita bisa lihat bukti konkretnya di sini. Penampilan peserta FRN membuat saya takjub. Mereka all out dalam memberikan penampilan terbaiknya,” kata Mas Menteri.

Baca Juga: Punya Potensi Besar, Sandiaga Uno dan Kang Giri Rembuk Pariwisata...

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut juga memberikan apresiasinya pada dampak ekonomi dari Reog. “Potensi ekonomi Reog luar biasa, pendapatan tiket per hari saja bisa sampai 70-80 juta rupiah. Belum termasuk pendapatan sektor UMKM,” terangnya.

Menurut Sandiaga Uno, Reog Ponorogo mempunyai potensi yang sangat besar

Melihat potensi – potensi itu, Sandiaga Uno mendukung penuh upaya Pemkab untuk memasukkan Ponorogo ke Unesco Creative Cities Networking (UCCN) atau Jaringan Kota Kreatif Dunia.

“Jika Ponorogo masuk UCCN, sangat luar biasa. Tidak banyak kota di Indonesia maupun di dunia yang bisa masuk. Salah satu keuntungan masuk UCCN, event – event dunia nantinya juga akan singgah ke Ponorogo,” jelas Sandiaga Uno.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno meminta agar Bupati Sugiri Sancoko memimpin secara langsung perjuangan menuju UCCN. Kepemimpinan Bupati sangat dibutuhkan dalam ikhtiar Ponorogo. Atas saran itu, Bupati menyatakan siap untuk terjun secara langsung.

“Saya siap, semua elemen sudah siap untuk mensukseskan upaya kami. Kami tetap mohon bimbingan Mas Menteri agar Ponorogo bisa segera masuk UCCN,” pungkas Kang Bupati Sugiri. (adv/wida)

Bagikan