Kang Bupati Sugiri Serahkan Ratusan Sertifikat Tanah Pada Warga
Komentar

Kang Bupati Sugiri Serahkan Ratusan Sertifikat Tanah Pada Warga

Komentar

Terkini.id, Ponorogo – Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyerahkan sertifikat tanah pada 231 warga. Penyerahan dilakukan secara simbolis di Lapangan Taman Wisata, Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Kamis 12 Mei 2022.

Warga penerima sangat gembira dengan hal itu karena dengan adanya Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT), mereka mendapat jaminan kepastian hukum atas kepemilikan hak tanah. SHAT yang diserahkan itu merupakan buah kerja keras Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).

Kang Bupati Sugiri Serahkan Ratusan Sertifikat Tanah Pada Warga
Program PTSL berjalan dengan lancar karena sinergi dan kolaborasi semua elemen

Bupati Sugiri puas dengan kolaborasi antar elemen pada program PTSL. Pemda, BPN, Pemdes, dan Pokmas bergotong royong dan bersinergi untuk mensukseskan program tersebut. “Program ini merupakan kerja serentak dan gotong royong, hasilnya luar biasa. Ke depan, kita akan terus lanjutkan kolaborasi ini, sehingga program PTSL meningkat,” katanya.

Untuk tahun 2022, Pemkab Ponorogo menarget sekitar 11 ribu sertifikat tanah tercapai lewat PTSL. Melihat gotong royong dan sinergi yang ada, Bupati optimis target tersebut dapat tercapai. 

Keseriusan Pemkab itu didasari pada fakta betapa pentingnya kepastian hukum atas kepemilikan tanah. Tanah merupakan aset yang sangat penting untuk warga, perlu pengelolaan secara serius dan cermat, sehingga meminimalisir munculnya sengketa tanah.

Kang Bupati Sugiri Serahkan Ratusan Sertifikat Tanah Pada Warga
Kedatangan Kang Bupati ke Desa Temon disambut dengan penuh kegembiraan
Baca Juga

Adanya SHAT juga meningkatkan percepatan ekonomi warga. SHAT meningkatkan harga tanah, dan tanah tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif. Meski begitu, Kang Bupati mewanti – wanti warga agar menyimpan sertifikat dengan baik. Jika pun dijaminkan, maka harus ke lembaga yang terpercaya. “Jangan ke rentenir atau bank thithil,” tegasnya. (adv/wida)