Kirab Obor Pesonas Sampai di Ponorogo, Disambut Hangat oleh Kang Bupati

Terkini.id, Ponorogo – Kirab obor Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) sampai di Kota Reyog. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyambut obor Pesonas di Pendopo Agung Ponorogo, Selasa 28 Desember 2021. Kirab obor yang apinya berasal dari api abadi Mrapen, Grobogan tersebut telah dimulai dari Solo, sejak 9 Desember 2021 yang lalu.

Sebelum tiba di Ponorogo, obor Pesonas dikirab di Kabupaten Jombang. Obor akan berada di Ponorogo selama 3 hari, dan dilanjutkan diarak ke Kabupaten Mojokerto. Total 42 kota / kabupaten di 5 provinsi (Jakarta, Jabar, Jateng, Yogyakarta, dan Jatim) akan disambangi obor Pesonas. 

“Obor Pesonas tiba di Ponorogo dari Jombang dan obor akan di sini selama 3 hari,” kata Ony Sulaksono, Ketua Pelaksana Pesonas 2022.

Baca Juga: Dihadiri Musisi Kondang, GMS SMAN 1 Ponorogo Meriahkan Grebeg Suro

Pesonas sebagai event multi cabang olahraga dan festival seni budaya berskala nasional diperuntukan bagi atlet bertalenta khusus. “Pesonas adalah olimpiade yang diikuti oleh anak disabilitas, yang biasa disebut dengan anak bertalenta khusus,” terang Ony.

Dalam penyambutan kirab Obor Pesonas tersebut, hadir di antaranya yaitu Bupati Sugiri Sancoko, Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita, Kepala – Kepala OPD Ponorogo, dan atlet bertalenta khusus dari provinsi Jatim. 

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

Bupati menyambut hangat kedatangan kirab Pesonas dan mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu bentuk dukungan Pemerintah kepada atlet bertalenta khusus / disabilitas. Bupati telah mempunyai pengalaman dengan anak bertalenta khusus, misal mendampingi anak bertalenta khusus di Desa Karangpatihan untuk membuat batik ciprat. 

“Para atlet Pesonas merupakan anak berkebutuhan khusus. Kami telah akrab dengan anak berkebutuhan khusus, batik ciprat Desa Karangpatihan Ponorogo adalah hasil karya anak bertalenta khusus,” kata Bupati Ponorogo.

Lebih lanjut, Bupati berharap Pesonas dapat memberikan semangat untuk terus menggelorakan event bagi anak – anak yang bertalenta khusus tersebut. Untuk itu, Bupati meminta dukungan semua pihak untuk mensukseskan Pesonas.

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

“Semoga Pesonas berjalan lancar dan sukses. Pesonas ini membawa spirit dan rasa empati. Talenta anak – anak ini harus kita dukung, kita beri ruang dan kesempatan untuk menyalurkan bakatnya dan berprestasi. Ini adalah tanggung jawab kita, marilah kita pikirkan dan gelorakan bersama,” ujar Kang Giri, sapaan akrab Bupati Ponorogo.

Pesonas adalah event olimpiade bagi anak bertalenta khusus

Kirab direncanakan finish di kota penyelenggara Pesonas yaitu Semarang pada 4 Juli 2022. Untuk pelaksanaan Pesonas, yakni pada 9 – 11 Juli 2022, ada 2.500 peserta yang berpartisipasi di 11 cabang lomba. Berbagai macam kegiatan ada di Pesonas, di antaranya kompetisi olahraga, non olahraga, gelaran seni budaya, dan kongres pemuda, serta kegiatan lain.

Dijelaskan oleh Ony, Pesonas adalah sebuah gerakan untuk mengubah stigma negatif tentang penyandang disabilitas. Pesonas memberikan ruang untuk anak bertalenta khusus. “Mereka tidak butuh dikasihani, tetapi butuh ruang untuk berekspresi. Dampingilah mereka sehingga mereka dapat mandiri,” jelasnya. (bid)

Bagikan