Jejak PWI Ponorogo di Tahun 2021, Pandemi Bukan Halangan Untuk Berkarya

Terkini.id, Ponorogo – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ponorogo telah merampungkan program – program tahun 2021. Walaupun negara dirundung pandemi covid-19, namun PWI Ponorogo membuktikan bahwa pandemi bukan alasan untuk tidak berkarya.

Dari Rapat Akhir Tahun yang dilakukan PWI Ponorogo di Radio Duta Nusantara, Senin 20 Desember 2021, diketahui bahwa program – program PWI seperti program sosial, program penghijauan, dan peringatan HPN 2021 berjalan dengan lancar dan sukses. Memang ada sebagian program yang tertunda, namun sebagian besar program utama berhasil dilaksanakan. 

“Masa pandemi telah berlangsung 2 tahun, karena itu ketika teman – teman PWI Ponorogo membuat program untuk 2021, itu telah disesuaikan dengan kondisi pandemi. Namun tidak dipungkiri kegiatan dilaksanakan dengan serba keterbatasan. Beberapa program kita sssuaikan namun tidak mengurangi esensi seperti peringatan HPN, program sosial, program penghijauan, dan lainnya,” kata Hadi Sanyoto, Ketua PWI Ponorogo, Rabu 22 Desember 2021.

Hadi Sanyoto (kanan), Ketua PWI Ponorogo menyerahkan bibit tabebuya untuk program penghijauan di Desa Purwosari, Ponorogo

Baca Juga: Dihadiri Musisi Kondang, GMS SMAN 1 Ponorogo Meriahkan Grebeg Suro

Untuk program sosial, PWI Ponorogo membagikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terpapar dan juga terdampak pandemi covid-19. Ini sekaligus sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan HPN 2021. Sedangkan program penghijauan, setidaknya PWI Ponorogo tercatat melakukan 6 program penghijauan di tahun 2021. Penghijauan yang dilakukan lebih pada distribusi / penyebaran bantuan bibit tanaman. Bibit tersebut merupakan hasil kerja pembibitan mandiri yang dimotori oleh anggota PWI Ponorogo, Endang Widayati dengan dibantu oleh anggota lainnya.

Program penghijauan PWI Ponorogo di Bantaran Sungai Bengawan, Bareng, Ponorogo

Total lebih dari 6.500 bibit tanaman berbagai jenis disumbangkan dan ditanam oleh PWI. Penghijauan dilaksanakan di Lapangan Desa Babadan, Taman Prajegan Sumringah, Balai Desa Purwosari, Bantaran Sungai Bengawan Bareng, Hutan Lindung Samping, dan eks lokalisasi Kedung Banteng. Dalam pelaksanaan penghijauan, PWI Ponorogo selalu menggandeng mitra seperti organisasi masyarakat, kepemudaan, dan Pemerintah. Contohnya Pemdes setempat, Perhutani, Karang Taruna Suryo Pandowo, GP Ansor Sampung, dan Karang Taruna Banteng Muda Manunggal.

Program bantuan sembako untuk masyarakat yang terdampak pandemi

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

Selain program di atas, PWI Ponorogo juga aktif dalam program lainnya. Para anggota diberikan perlindungan dari musibah dengan didorong untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hak pilih anggota PWI Ponorogo juga digunakan ketika mengikuti Konferensi Pemilihan Ketua PWI Jatim di Surabaya. Sedangkan program UKW yang diagendakan bersama Dinas Kominfo Ponorogo terpaksa ditunda karena adanya refocusing anggaran.

Dari jejak kegiatan – kegiatan PWI Ponorogo di tahun 2021, didapati fakta bahwa pandemi tidak menghalangi seseorang untuk berkarya. Walaupun menerapkan prokes dengan ketat, kegiatan PWI tetap dapat berjalan dengan lancar tanpa kurang esensi. “Pandemi bukanlah alasan untuk tidak berkarya. Bahkan sebagai wartawan, kita harus ikut melakukan sosialisasi prokes untuk memutus penyebaran rantai covid,” terang Hadi S.

PWI ikut mensukseskan program Pemerintah yakni vaksinasi covid-19 dan sosialisasi prokes

Memasuki penghujung tahun 2021, tidak ada kata nganggur bagi PWI Ponorogo. Anggota telah melakukan evaluasi, berbenah, dan telah melakukan rancangan awal kegiatan – kegiatan tahun 2022. Kegiatan tersebut di antaranya yaitu agenda kolaborasi PWI Ponorogo dengan IJTI Korda Mataraman, lomba jurnalistik, dan edukasi pertanian terintegrasi.

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

“Kita telah merencanakan beberapa kegiatan, semoga pandemi segera berakhir sehingga program kami bisa lebih tajam,” pungkas Ade, sapaan akrab Ketua PWI Ponorogo. (bid) 

Bagikan