Hasil PK 21 Ponorogo, Instrumen Penting Untuk Menyusun Kebijakan

Terkini.id, Ponorogo – Bupati Sugiri Sancoko membuka kegiatan Sosialisasi / Publikasi Hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021 di Aula Gedung Terpadu Ponorogo, Selasa 21 Desember 2021. Hasil PK 21 tersebut merupakan instrumen bagi Pemkab untuk merumuskan kebijakan dan program – program. 

Pemkab dapat mengambil langkah dan strategi yang tepat dengan mengacu pada data yang ada dalam PK 21. Jika kebijakan dan program tepat sasaran, tentu ini dapat mempercepat upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Pemkab butuh data – data yang valid seperti ini.  Dengan data ini, kita bisa membuat program dan kebijakan yang tepat sasaran dan bermanfaat secara langsung kepada masyarakat,” kata Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo. 

Baca Juga: Sinergitas Forkopimda Ponorogo, Gelar Latihan Menembak Bersama

Dalam PK 21, ada tiga data pokok yakni data KB, data kependudukan, dan data pembangunan keluarga. Berbagai data tersaji dalam tiga data pokok tersebut, di antaranya adalah data jumlah KK laki-laki maupun perempuan, jumlah kepesertaan KB, dan alat kontrasepsi yang dipakai, serta jumlah keikutsertaan keluarga dalam kegiatan tribina keluarga.

“Dari PK 21 kita bisa menemukan data yang valid dan penting. Misal program pencegahan pernikahan dini, bisa kita lihat angka pernikahan dini Kabupaten di angka 8%, namun di tingkat Kecamatan, ada beberapa yang angkanya cukup tinggi. Maka nanti di kecamatan – kecamatan yang cukup tinggi tersebut akan dilakukan program pencegahan pernikahan dini dengan porsi yang lebih intens daripada dari kecamatan lain,” terang Harjono, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Ponorogo. (bid) 

Bagikan