Rakor Kesiapan Ops Lilin Semeru 2021, Waspadai Penyebaran Covid di Ponorogo

Terkini.id, Ponorogo – Potensi penyebaran covid-19 pada Nataru 2021 menjadi salah satu perhatian dalam Rakor Kesiapan Operasi Lilin Semeru yang digelar di Aula Mapolres Ponorogo, Senin 20 Desember 2021. Hadir dalam Rakor tersebut yaitu Bupati, Kapolres, Ketua DPRD, dan Forkopimda Ponorogo.

Libur Nataru diprediksi membuat mobilitas masyarakat menjadi meningkat sehingga tingkat kerawanan penyebaran pun bertambah. Apalagi adanya varian baru Omicron membuat Pemerintah harus lebih waspada. Omicron diharapkan tidak akan sampai masuk ke wilayah Kabupaten Ponorogo. 

Bupati Ponorogo berharap Nataru 2021 Kabupaten Ponorogo dapat berjalan aman, lancar dan kondusif. “Kemarin kami diberi warning oleh Presiden tentang adanya covid varian baru yaitu Omicron. Ini tantangan kita bersama, jangan sampai ini masuk ke wilayah Ponorogo. Target kita di Nataru 2021 adalah Nataru dapat berjalan lancar dan angka covid harus dapat kita tekan,” kata Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo.

Baca Juga: Sinergitas Forkopimda Ponorogo, Gelar Latihan Menembak Bersama

Dalam Rakor tersebut, dibahas upaya – upaya pencegahan penyebaran covid. Masyarakat perlu diberikan informasi agar lebih waspada. Kegiatan masyarakat dan lokasi wisata juga dibahas. Kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan perlu pengamanan khusus seperti penutupan jalan di titik – titik tertentu. Penutupan tempat keramaian seperti pasar dan tempat wisata juga diperhitungkan. 

Potensi penyebaran covid-19 menjadi salah satu perhatian dalam Rakor

Sementara itu, Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo menjelaskan, Ops Lilin Semeru akan dipersiapkan dengan baik dan matang sehingga pelaksanaan di lapangan bisa berlangsung aman dan lancar. Kapolres berharap dalam pelaksanaan operasi, bisa terjalin kolaborasi dan koordinasi yang baik dari semua elemen. 

Baca Juga: Satlantas Ponorogo Sosialisasi Pelarangan Lampu Strobo Pada Kendaraan Umum

“Apabila persiapannya matang makan operasi akan aman dan lancar. Kami mohon kepedulian dan kerjasama dari seluruh stakeholder yang ada. Mari kita tata bersama kegiatan Nataru 2021, sehingga tersusun dengan baik, tertata, dan ada yg bertanggung jawab,” jelas Kapolres Ponorogo. 

Selain kamtibmas, penegakan disiplin prokes juga menjadi prioritas. Ops Yustisi dan sosialisasi prokes diharapkan bisa mencegah penyebaran covid-19. “Dalam pandemi ini, pelaksanaan operasi memang lebih mengedepankan pencegahan pelanggaran lalu lintas dan pendisiplinan penerapan prokes,” ujar AKBP Catur C. Wibowo. 

Penerapan prokes dengan disiplin memang salah satu cara untuk menekan penyebaran covid. Karena itu wajar jika sosialisasi prokes 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan) dan Ops Yustisi tetap dilakukan. Bahkan jika perlu dipergencar, sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk disiplin prokes. (Yanuar Abidin) 

Bagikan