Kukuhkan Komisi Penyuluhan Pertanian, Upaya Wujudkan Pertanian Hebat

Terkini.id, Ponorogo – Bupati Sugiri Sancoko mengukuhkan Komisi Penyuluhan Pertanian di Pendopo Agung Ponorogo, Jum’at 17 Desember 2021. Komisi diharapkan dapat membantu memajukan sektor pertanian di wilayah Kabupaten Ponorogo. 

Dengan mayoritas penduduk Ponorogo bermata pencaharian sebagai petani, perhatian besar Pemkab memang dibutuhkan oleh sektor pertanian. Tak bertepuk sebelah tangan, Pemkab mengutamakan sektor tersebut dalam pembangunan Ponorogo Hebat. 

“Kalau melihat dari angka, 77% penduduk bergantung pada pertanian. Karena itu kami menaruh perhatian besar pada sektor pertanian,” kata Bupati Ponorogo. 

Baca Juga: Dihadiri Musisi Kondang, GMS SMAN 1 Ponorogo Meriahkan Grebeg Suro

Salah satu upaya yakni penguatan penyuluh pertanian. Di sinilah peran Komisi akan sangat menentukan, karena bertugas memberi masukan tentang hal yang berkaitan dengan sistem penyelenggaraan penyuluhan.

“Jika penyuluhnya hebat, bisa sangat membantu kami  dalam memajukan pertanian,” ujar Kang Giri, sapaan akrab Bupati Ponorogo. 

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

Komisi yang dikukuhkan di antaranya yaitu Agung Priyanto sebagai Ketua dan Andi Susetyo sebagai Sekretaris. Atas pengukuhan, Kang Giri mengucapkan selamat dan meminta untuk bahu membahu mewujudkan pertanian hebat. 

“Selamat bekerja, selamat bertugas. Akhir tahun ini, saya mohon segera adakan rapat khusus pertanian. Mari bergotong royong membangun pertanian hebat dan menjadikan Ponorogo sebagai kota yang top dalam pertanian,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyuluhan Pertanian Agung Priyanto menjelaskan, Komisi akan menjadi jembatan bagi petani untuk menuju pertanian hebat. Jika program ini sukses, tentu dapat meningkatkan kesejahteraan petani. 

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

“Petani harus inovatif, kreatif, dan produktif. Petani tidak boleh meminta saja dan pasif, nrimo ing pandum. Karena itu kita harus gotong royong menghadapi tantangan dan mewujudkan pertanian yang hebat,” pungkas Agung Priyanto. (bid) 

Bagikan