Vaksinasi Berlanjut di Ponorogo, Target 70% Jelang Nataru

Terkini.id, Ponorogo – Jelang perayaan Nataru 2021, mobilitas kegiatan masyarakat diprediksi akan meningkat. Apalagi sekarang adanya varian virus baru yaitu Omicron yang sudah muncul di berbagai negara. Hal ini membuat masyarakat harus waspada. 

Karena itu vaksinasi covid-19 terus dilakukan di wilayah Kabupaten Ponorogo. Pemerintah menargetkan vaksinasi mencapai 70% di akhir tahun 2021. Target ini selaras dengan upaya di lapangan, yang terus menggelar akselerasi vaksinasi, terutama jelang Nataru. 

Upaya tersebut di antaranya yaitu Vaksinasi Merah Putih di Desa Biting Ponorogo, Rabu 15 Desember 2021 dan Vaksinasi Serentak yang digelar secara bersamaan di berbagai wilayah Ponorogo, Kamis 16 Desember 2021.

Baca Juga: Sinergitas Forkopimda Ponorogo, Gelar Latihan Menembak Bersama

Di Desa Biting, tempat pelaksaan dipilih di lokasi wisata yakni Jembatan Pelangi. Lokasi ini dipilih karena tempatnya sangat luas, dapat mencegah terjadinya kerumunan sehingga penerapan prokes mudah dikendalikan.

Dalam vaksinasi tersebut, pelaksana merupakan kolaborasi antara Puskesmas Badegan, Polsek Badegan, Koramil Badegan, dan Pemdes Biting. Penerima vaksin dosis 2 jenis Sinovac itu sebanyak total 268 orang dengan rincian lansia 65 orang, pra lansia 55 orang, dan masyarakat umum 148 orang. 

Baca Juga: Satlantas Ponorogo Sosialisasi Pelarangan Lampu Strobo Pada Kendaraan Umum

Masyarakat yang belum vaksin dihimbau agar segera melaksanakan vaksin. Bagi yang sudah, diharapkan tetap disiplin prokes. “Bagi yang sudah vaksin tetap patuhi prokes. Jangan lengah, walaupun situasi saat ini melandai akan tetapi covid-19 masih ada,” kata Iptu Agus Wibowo, Kapolsek Badegan.

Prokes yang dimaksud dan harus dipatuhi adalah memakai masker, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak. Ini penting untuk dilakukan sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran covid-19. 

Sementara itu, pelaksaan vaksinasi serentak terlihat dipantau secara langsung oleh Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo. Ada 6 gerai vaksin yang ditinjau yakni Gerai Vaksin Polsek Pulung, Polsek Pudak, Polsek Ngebel, Polsek Jenangan, Polsek Balong, dan Polsek Ponorogo. 

Baca Juga: Bupati Resmikan Kelas Riset SMPN 1 Jetis Ponorogo, Apresiasi Inovasi...

Vaksinasi Serentak rencananya akan terus digelar hingga Senin, 3 Januari 2022 mendatang. “Sebanyak 9.044 dosis I dan II vaksin sinovac sudah kami siapkan untuk percepatan vaksinasi dengan target 70% capaian vaksinasi covid-19 di akhir tahun 2021,” terang Aipda Bintai Ratna Dewi, PLH Kasi Dokkes Polres Ponorogo. (Yanuar Abidin) 

Bagikan