Pondasi Jembatan Grogol Ambrol, Dua Pekerja Tewas Tertimbun Material

Terkini.id, Ponorogo – Dua pekerja tewas tertimbun material pondasi dan tanah akibat ambrolnya pondasi jembatan di Desa Grogol, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Kamis 16 Desember 2021. Pengerjaan jembatan itu sempat viral tahun lalu karena menghabiskan dana 200 juta Rupiah untuk pondasinya saja. 

Pekerja yang menjadi korban adalah Edy (50 tahun), warga Paju dan Sumali (35 tahun) warga Bajang, Mlarak. Saat pondasi jembatan bagian timur itu ambrol, ada lima pekerja di bagian bawah dan tujuh di bagian atas. 

“Awalnya dengar teriakan pekerja. Ternyata pondasi jembatan ambrol. Para pekerja yang di bawah berhamburan lari, tapi ada dua yang tertimbun,” kata Ucok, salah seorang pekerja. 

Baca Juga: Dihadiri Musisi Kondang, GMS SMAN 1 Ponorogo Meriahkan Grebeg Suro

Dengan mengerahkan 2 alat berat, proses evakuasi 2 korban berhasil dilakukan. Evakuasi sedikit terhambat karena tanah masih labil dan turun hujan. 

Sementara itu, Pemkab memberikan perhatian pada musibah ini. Bupati dan Wakil Bupati langsung meninjau lokasi musibah. Bupati Sugiri Sancoko mengaku prihatin dan menyampaikan belasungkawa untuk keluarga 2  korban. 

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

“Saya prihatin atas kejadian ini. Kualitas pondasi terlihat tidak sesuai spefisikasi. Tapi biar Dinas PUPKP dan jajaran mengevaluasi secara keseluruhan,” ujar Bupati Ponorogo. 

Kepala Dinas PUPKP Ponorogo Henry Indra mengatakan pihaknya akan segera meneliti penyebab musibah tersebut. Lebih lanjut, Bupati menegaskan jika ada kesalahan dan tidak sesuai standar, maka akan diserahkan kepada pihak berwajib. 

Pihak Satreskrim Ponorogo sebenarnya telah mendatangi lokasi kejadian sekitar satu minggu yang lalu, dikarenakan adanya indikasi permasalahan dalam pembangunan jembatan tersebut. “Kita akan melakukan penyelidikan atas kejadian ini,” pungkas AKP Jefison Sitorus, Kasat Reskrim Polres Ponorogo. (bid) 

Bagikan