Lazmart Smeriza Point SMK PGRI 1 Ponorogo, Terobosan di Masa Pandemi

Terkini.id, Ponorogo – Lazmart Smeriza Point diresmikan di SMK PGRI 1 Ponorogo, Kamis 25 November 2021. Lazmart perdana di Ponorogo ini merupakan kerjasama antara Lazismu Muhammadiyah Ponorogo dan SMK PGRI 1 Ponorogo. Terobosan di bidang pendidikan dalam masa pandemi covid-19 ini patut diapresiasi.

Lazmart diharapkan dapat memberikan ilmu praktek niaga secara langsung pada jurusan yang terkait di SMK PGRI 1. Terobosan seperti ini penting, karena SMK mengalami hambatan besar dalam pandemi ini. Ilmu teori bisa diajar melalui virtual, namun tidak optimal untuk ilmu praktek. Padahal praktek merupakan ilmu yang vital bagi peserta didik SMK.

Kepala Sekolah PGRI 1 Ponorogo Jemito mengatakan bahwa karena kegiatan – kegiatan sekolah banyak yang terhambat oleh pandemi, terobosan – terobosan wajib dilakukan oleh sekolah. Apalagi untuk SMK, dimana praktek sangat penting dan tidak efektif jika dilakukan dengan daring. 

Baca Juga: Sinergitas Forkopimda Ponorogo, Gelar Latihan Menembak Bersama

“Dulu kan bisa kerjasama dengan perusahaan. Banyak kegiatan terhenti akibat pandemi. Praktek juga sulit padahal SMK kalau tidak praktek ya tidak bisa. Praktek itu harus bagi SMK,” ungkap Kasek SMK PGRI 1 Ponorogo.

“Dengan Smerida Point ini kami harap peserta didik dari jurusan terkait bisa mendapatkan pengalaman praktek itu. Tujuan utama kami bukan uang, tapi pengalaman itu. Kami harus bekali peserta didik kami dengan pengalaman ketika lulus,” tambahnya. 

Lazmart merupakan terobosan yang digagas oleh Lazismu Ponorogo dan SMK PGRI 1 Ponorogo

Baca Juga: Satlantas Ponorogo Sosialisasi Pelarangan Lampu Strobo Pada Kendaraan Umum

Sementara itu, Ketua Lazismu Ponorogo Zulkarnaen Ashyahifa menjelaskan, program Lazmart adalah program kerjasama dengan Suryamart, jaringan minimarket yang sukses. Infaq dari Suryamart diwujudkan ke ekonomi produktif berupa Lazmart oleh Lazismu. 

“Sebelumnya infaq kami wujudkan dalam bentuk pembagian sembako. Lalu kami coba wujudkan ke ekonomi produktif, akhirnya program Lazmart kita sepakati,” ujar Zulkarnaen.

 

Baca Juga: Bupati Resmikan Kelas Riset SMPN 1 Jetis Ponorogo, Apresiasi Inovasi...

Mengenai pemilihan SMK PGRI 1 Ponorogo sebagai tempat perdana Lazismu, hal ini didasari pada adanya jurusan perniagaan dan peserta didik SMK PGRI 1 yang kerap magang di Suryamart. Zulkarnaen berharap program Lazmart ini dapat melahirkan program turunan.

“Kita harapkan adanya sinergi dan memperkuat ketrampilan peserta didik SMK PGRI 1. Ke depan, kami harap program Lazmart sukses dan sanggup menghadirkan program turunan dari pendayagunaan hasil dari pengelolaan Lazmart,” pungkasnya. (bid)

Bagikan