Patroli Dialogis Dukung Upaya Pendisiplinan Prokes Pada Mahasiswa dan Pelajar

Terkini.id, Ponorogo – Untuk mendukung Ops Zebra Semeru dan Ops Yustisi, Patroli Dialogis digelar bagi para mahasiswa IAIN dan pelajar SMAN 2 Ponorogo, Senin 22 November 2021. Dalam rangkaian acara tersebut, juga dilakukan pembagian masker pada warga masyarakat sekitar. 

Dalam patroli dialogis, mahasiswa dan pelajar diberikan edukasi dan himbauan kamtibmas dan prokes 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan prokes pada mahasiswa dan pelajar. 

“Kami adakan patroli dialogis untuk memberikan himbauan protokol kesehatan. Juga himbauan kamtibmas serta sesi acara tanya jawab dengan mahasiswa dan pelajar,” kata AKP Edy Suyono, Kasat Samapta Polres Ponorogo.

Pembagian masker pada masyarakat setelah Patroli Dialogis

Baca Juga: Lazmart Smeriza Point SMK PGRI 1 Ponorogo, Terobosan di Masa...

Upaya pendisiplinan prokes sangat penting, karena dalam Ops Yustisi masih saja terdapat pelanggar prokes, walaupun jumlahnya menurun drastis. Sanksi serta edukasi yang diberikan pada pelanggar membuat banyak dari mereka kapok.

Masyarakat pun kondusif dalam upaya – upaya pendisiplinan prokes. Di Ponorogo tidak pernah ada perlawanan ataupun protes pada petugas. Selain sadar vaksin, masyarakat Ponorogo ternyata sadar bahwa prokes penting dalam pencegahan penyebaran covid-19. Hanya saja, sebagian dari masyarakat terkadang lalai menerapkannya. (Yanuar Abidin)

Bagikan