Layanan Antar Jemput Vaksinasi Covid Warga Lansia Mulai Dilakukan

Terkini.id, Ponorogo – Untuk menggencarkan vaksinasi covid-19 sekaligus meningkatkan pelayanan pada masyarakat, warga lanjut usia (lansia) di Ponorogo diantar dan dijemput oleh petugas, dalam hal ini Bhabinkamtibmas dan Babinsa. 

Dalam pelaksanaan antar jemput tersebut, petugas dan warga yang dijemput menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum dan setelah memasuki tempat vaksin. 

Lansia merupakan kalangan yang rentan pada covid-19, sehingga Pemerintah memberikan perhatian khusus agar lansia diprioritaskan dalam pemberian vaksin. Sampai beberapa hari ke depan akan dilaksanakan vaksinasi khusus lansia. Kegiatan ini dilaksanakan secara bergantian di desa – desa.

Baca Juga: Dihadiri Musisi Kondang, GMS SMAN 1 Ponorogo Meriahkan Grebeg Suro

Di Desa Brahu, Ponorogo, Kamis 18 November 2021, Babinsa dan Bhabinkamtibmas terlihat memberikan pelayanan antar jemput lansia yang akan vaksin dengan menggunakan mobil dinas jenis Kijang patroli.

Layanan ini diharapkan dapat mempermudan warga lansia untuk mengikuti vaksin. Selain itu, tentu pelayanan optimal ini dapat menambah motivasi warga untuk mengikuti vaksinasi covid-19. 

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

“Semoga pelayanan antar jemput ini bisa sedikit meringankan mereka dan menurut kami ini tugas yang sesuai dengan tugas pokok kami yaitu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat,” ujar Aipda Yoan Adi, Bhabinkamtibmas Desa Brahu.

Sementara itu, dari pengamatan di Desa Nglarangan, Ponorogo, Jum’at 19 November 2021, Kapolsek Somoroto turut serta dalam kegiatan antar jemput lansia. 

“Kita belajar dari puncak kasus covid di bulan Juli – Agustus, mereka yang bergejala berat bahkan sampai meninggal dunia kebanyakan berasal dari golongan lansia, maka kami berupaya pro aktif mendukung vaksinasi lansia,”  kata AKP Beny Hartono, Kapolsek Somoroto. 

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

Lebih lanjut, Bhabinkamtibmas yang ada di desa – desa akan dikerahkan untuk mendata lansia yang belum vaksin. Jika diperlukan, maka petugas kesehatan dapat melakukan vaksinasi covid-19 secara door to door pada lansia. (Yanuar Abidin)

Bagikan