Di Masa Pandemi, Siswa SMAN 1 Ponorogo Raih Prestasi Nasional

Terkini.id, Ponorogo – Di masa pandemi covid-19, sektor pendidikan diterpa badai yang dahsyat. Peserta didik kesulitan untuk memaksimalkan potensinya karena terganggunya proses belajar. Namun situasi sulit ini rupanya tidak mematahkan semangat peserta didik. Salah satunya yaitu Muhammad Wildan Tamami, siswa SMAN 1 Ponorogo yang berhasil meraih prestasi nasional di tengah pandemi ini.

Wildan, sapaan akrabnya, meraih prestasi dengan mendapat Medali Emas dan Absolute Winner dalam KSN Kebumian tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara online, Sabtu 13 November 2021. Ini artinya, peserta didik asal Ponorogo ini berhasil menjadi siswa terbaik nomor satu se-Indonesia di bidangnya.

Menurut Wildan, fokus di bidang yang diminati dan peran sekolah sangat membantu dirinya untuk meraih prestasi. 

Baca Juga: Dihadiri Musisi Kondang, GMS SMAN 1 Ponorogo Meriahkan Grebeg Suro

“Dari dulu saya suka dengan geologi. Sejak kecil saya tertarik dengan buku – buku yang berkaitan dengan bidang itu. Setelah masuk SMAN 1 Ponorogo, saya fokus untuk mengoptimalkan potensi saya. Saya juga mendapat dukungan dari guru – guru di sini. Alhamdulillah saya bisa meraih prestasi,” kata Wildan. 

Terkait semangatnya, Wildan mengaku selalu berusaha untuk melakukan hal – hal dan kegiatan yang positif walaupun pandemi mengganggu proses belajar. Hal ini perlu ditiru peserta didik lain di Ponorogo, di mana banyak yang memilih untuk melakukan hal yang negatif, seperti balap liar atau game. 

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

“Saya isi dengan belajar, memperbanyak pengetahuan saya melalui buku atau internet. Saya harap teman – teman pelajar tetap semangat, jangan kalah dengan pandemi. Mari kita isi pandemi ini dengan kegiatan yang positif,” ujar siswa kelas 12 itu. 

Lebih lanjut, Wildan memotivasi peserta didik lain agar terus mengasah potensi mereka. “Tiap orang punya bakat dan potensi sendiri, jangan iri, terus berlatih dan mengasah bakat yang kita miliki,” pungkas Wildan.

Dasar Darminto, Kepala Sekolah SMAN 1 Ponorogo

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Ponorogo, Dasar Darminto bersyukur atas prestasi yang diraih oleh anak didiknya. Dirinya berharap, prestasi ini dapat meningkatkan semangat dan rasa percaya diri peserta didik. 

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

“Alhamdulillah, SMA Negeri 1 Ponorogo kembali hadir sebagai jawara KSN tingkat Nasional. Betapa tidak, seleksinya sangat ketat dan berjenjang. Mulai seleksi tingkat sekolah, kemudian Kabupaten, dilanjutkan Provinsi, dan Nasional. Harapannya ke depan kita akan lebih berprestasi lagi. Jika tahun ini kita mampu memperoleh medali emas tentu ke depan akan lebih bisa lagi. Karena dengan modal medali emas tahun ini telah membangkitkan semangat dan percaya diri warga sekolah,” pungkas Kepala Sekolah SMAN 1 Ponorogo. (Yanuar Abidin)

Bagikan