Balap Liar dan Knalpot Brong, Puluhan Puluhan Sepeda Motor Diamankan

Terkini.id, Ponorogo – Puluhan sepeda motor yang memakai knalpot brong serta dipakai untuk balap liar diamankan oleh Polres Ponorogo, Senin 15 November 2021. Selain itu, turut diamankan 3 mobil dengan surat kendaraan palsu. 

Selama ini, knalpot brong telah meresahkan karena membuat polusi suara. Aksi balap liar yang marak dilakukan anak – anak di bawah umur juga berbahaya jika dibiarkan. 

Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo menjelaskan, penertiban ini merupakan bagian dari upaya Polres untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas yang kondusif, sekaligus menekan angka fatalitas laka lantas. 

Baca Juga: Dihadiri Musisi Kondang, GMS SMAN 1 Ponorogo Meriahkan Grebeg Suro

“Tugas kita mengedepankan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas potensi laka lantas, mulai dari pemeriksaan surat-surat kendaraan dan penindakan terhadap aksi balap liar serta knalpot brong yang selama ini sangat meresahkan,” jelas Kapolres. 

Dalam 2 minggu, Polres telah berhasil menindak sekitar 478 pelanggar dan 87 kendaraan bermorot R2 dan R4 yang tidak sesuai dengan spektek. Bahkan dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan adanya STNK asli tapi palsu.

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

“Kita berhasil mengamankan 3 unit mobil dengan STNK aspal, asli tapi palsu. Kertasnya asli, kemudian dihapus dengan teknik tertentu lalu diketik ulang sesuai kendaraan yang dijual,” kata AKP Ayip Rizal, Kasatlantas Polres Ponorogo. 

Tiga unit kendaraan yang diamankan adalah masing – masing satu unit Mobil Avanza, Ayla dan Mobilio. Salah satu unit tersebut menggunakan STNK kendaraan roda dua yang dihapus dan diganti dengan identitas roda empat.

Polres berharap kepada masyarakat yang hendak membeli mobil dan mendapatkan informasi unit dengan harga yang miring hendaknya berhati-hati.

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

“Saat ini kami terus berkoordinasi dengan Satreskrim tentang dugaan pemalsuan sesuai pasal 263 KUHP. Masyarakat hendaknya berhati-hati jika hendak membeli mobil dengan harga yang miring,” pungkas Kasatlantas. (bid)

Bagikan