Rapat Paripurna DPRD Ponorogo, Pandangan Umum Fraksi Terhadap RAPBD Tahun 2022

Terkini.id, Ponorogo – DPRD Kabupaten Ponorogo menggelar rapat paripurna di Ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD Ponorogo, Kamis 4 November 2021. Agenda rapat paripurna yaitu Pandangan Umum Fraksi – Fraksi terhadap Rancangan APBD Tahun 2022.

Delapan fraksi di DPRD Ponorogo menyampaikan pendapatnya dalam paripurna yang dihadiri diantaranya oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita, Ketua DPRD Ponorogo Sunarto, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Ponorogo, serta Forkopimda dan OPD Ponorogo. Sebelumnya, Bupati Ponorogo telah menyampaikan Nota Keuangan Raperda APBD tahun 2022.

Ketua DPRD Sunarto menjelaskan, pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 menjadi poin penting dalam rapat tersebut. Kemudian pembangunan infrastruktur terutama jalan dan dunia pendidikan juga mendapat perhatian serius. 

Baca Juga: Sinergitas Forkopimda Ponorogo, Gelar Latihan Menembak Bersama

“Poin penting diantaranya adalah pemulihan ekonomi pasca pandemi. Lalu pembangunan infrastruktur, tadi ada beberapa fraksi yang menyuarakan,” kata Sunarto.

“Untuk dunia pendidikan, tadi ada beberapa yang menyorot kebijakan pendidikan di Ponorogo hanya mengacu pada peraturan Pemerintah Pusat. Kita tidak boleh mengambil keputusan yang dramatis yang bertentangan dengan kebijakan Pemerintah Pusat,” tambahnya. 

Baca Juga: Satlantas Ponorogo Sosialisasi Pelarangan Lampu Strobo Pada Kendaraan Umum

Untuk penataan OPD, Sunarto mengatakan bahwa ini menjadi hak bupati, dan DPRD hanya mengingatkan saja. Apabila Bupati sudah merasa cocok dengan formasi yang ada saat ini, tidak perlu dipaksa. “Itu tergantung keputusan bupati, selama tidak melanggar aturan itu boleh saja,” katanya. 

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Ketua DPRD Ponorogo Sunarto

Terkait pandangan umum fraksi, Bupati Sugiri, menyampaikan terima kasih kepada semua fraksi atas usulan, masukan, dan saran. “Kita akan segera sesuaikan. Ini menunjukkan kerjasama dan gotong royong yang baik antara eksekutif dan legislatif,” ungkapnya.

Usai paripurna ini, agenda selanjutnya adalah jawaban eksekutif atas pandangan fraksi yang akan dilaksanakan pekan depan.

Baca Juga: Bupati Resmikan Kelas Riset SMPN 1 Jetis Ponorogo, Apresiasi Inovasi...

“Jika jawaban ekskutif dirasa cukup dan diterima oleh fraksi – fraksi, maka pembahasan ini dapat diakhiri dan disetujui. Jika belum sepakat diterima, maka akan dibentuk pansus untuk menyelesaikan pembahasan. Sesuai regulasi, selambat – lambatnya akhir November RABPD harus sudah ditetapkan,” pungkas Ketua DPRD Ponorogo. (adv/bid)

Bagikan