Harapkan Efek Jera, Petugas Tindak Tegas Pelanggar Prokes

Terkini.id, Ponorogo – Personil gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, BPBD dan Satpol PP menindak tegas para pelanggar prokes yang terjaring Ops Yustisi. Dari pengamatan dua operasi di Siman, Senin 1 Oktober 2021 dan di Tambakbayan, Rabu 3 Oktober 2021, warga kedapatan melanggar prokes dengan tidak memakai masker. 

Pelanggar prokes diberikan sanksi, edukasi, dan masker. Untuk sanksi, beragam jenisnya.

“Ada sanksi administratif, sanksi sosial, dan teguran lisan,” jelas Ipda Wawan, Kanit Patroli Sat Sampta Polres Ponorogo.

Baca Juga: Sinergitas Forkopimda Ponorogo, Gelar Latihan Menembak Bersama

“Selain memberikan sanksi kepada warga yang melanggar prokes, kami juga berikan edukasi dan masker dengan harapan pelanggar sadar betapa pentingnya mematuhi rrokes di masa pandemi ini,” tambahnya. 

Ops Yustisi akan terus digelar untuk penegakan disiplin prokes 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Operasi penting untuk meningkatkan disiplin prokes, sehingga dapat mencegah penyebaran covid-19 di Ponorogo. 

Baca Juga: Satlantas Ponorogo Sosialisasi Pelarangan Lampu Strobo Pada Kendaraan Umum

“Kegiatan OPS Yustisi mungkin akan terus digelar sampai pandemi dinyatakan hilang,” ujar Ipda Wawan.

Salah seorang pelanggar prokes, Ridwan, mengaku maskernya tertinggal ketika berhenti di toko. Ke depannya, Ridwan mengatakan akan selalu membawa masker cadangan. 

Sementara itu, KBO Sat Samapta Polres Ponorogo Iptu Joko berharap seluruh elemen masyarakat membantu penegakan disiplin prokes.

Baca Juga: Bupati Resmikan Kelas Riset SMPN 1 Jetis Ponorogo, Apresiasi Inovasi...

“Semoga dengan patuh prokes, tidak ada lagi lonjakan penyebaran covid di Ponorogo,” harapnya. (Yanuar Abidin)

Bagikan