Serbuan Vaksinasi Terus Berlangsung, Sasar Pelajar dan Masyarakat Umum

Terkini.id, Ponorogo – Kegiatan serbuan vaksinasi terus berlangsung di wilayah Kabupaten Ponorogo. Vaksinasi bertempat di MTs Miftahul Ulum, Balong, Ponorogo, Senin 18 Oktober 2021 dan Gedung Sasana Praja, Jum’at 22 Oktober 2021. Vaksinasi ini menyasar pelajar dan masyarakat umum.

Di Balong, vaksin dosis II jenis Sinovac diberikan kepada ratusan warga. Sedangkan di Sasana Praja, vaksinasi dosis II diberikan kepada sekitar 3.890 warga.

Dari data yang ada per tanggal 21 Oktober 2021, sebanyak 86.488 dosis I dan II vaksin sudah diberikan oleh Polres Ponorogo kepada masyarakat.

Baca Juga: Sinergitas Forkopimda Ponorogo, Gelar Latihan Menembak Bersama

“Stok vaksin Polres Ponorogo yang belum disuntikkan saat ini masih sekitar 8.000 dosis,” ujar Kompol Meiridani, Wakapolres Ponorogo.

“Walaupun sudah divaksin, kami himbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas,” tambahnya.

Baca Juga: Satlantas Ponorogo Sosialisasi Pelarangan Lampu Strobo Pada Kendaraan Umum

Prokes 5M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas harus dilakukan secara disiplin.

Proses vaksinasi dilakukan sesuai SOP, d iantaranya di mengisi lembar screening pendaftaran, melaksanakan pemeriksaan fisik sederhana kepada calon penerima vaksin untuk melihat kondisi kesehatan dan identifikasi penyakit peserta (komorbid), setelah dilaksanakan vaksinasi, penerima vaksin diobservasi selama 30 menit untuk memonitor indikasi terjadinya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Penerapan prokes juga terlihat dilakukan secara ketat di dua lokasi tersebut. Pengaturan jarak tempat duduk dan pembagian waktu vaksinasi dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan. Sebelum masuk lokasi vaksin, warga harus mencuci tangan dan melakukan pengukuran suhu tubuh. (bid)

Bagikan