Silaturahmi Empat Lembaga Untuk Perkuat Sinergi Pemerintahan Desa

Terkini.id, Ponorogo – DPRD, Dinas PMD, Papdesi (Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia), dan FK BPD Ponorogo menggelar silaturahmi di Balai Desa Gundik, Slahung, Ponorogo, Minggu 26 September 2021. Silaturahmi yang dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Ponorogo dan Kabid Pemdes Dinas PMD Ponorogo ini diadakan untuk memperkuat sinergi dan merevitalisasi proses pemerintahan desa.

Wakil Ketua DPRD Ponorogo, Misri Effendi menjelaskan bahwa kegiatan silaturahmi ini bertujuan untuk merevitalisasi BPD. Pemdes dan BPD merupakan lembaga yang punya fungsi berbeda namun arah dan tujuannya sama, yaitu memajukan desa dan menyejahterakan warganya.

 “Supaya sejalan dengan tupoksinya, BPD harus ada peningkatan kapasitas atau bimbingan teknis. Sehingga BPD mampu menjalankan amanah masyarakat sebagai legislatif desa, seperti mengawasi dan meminta keterangan tentang penyelenggaran pemerintahan pada Pemdes,” kata Misri Effendi. 

Baca Juga: Gowes Bersarung Ponorogo Pecahkan Rekor MURI

“Sebagai lembaga yang berfungsi dalam pengawasan, BPD harus paham betul dengan tupoksinya,” tambahnya.

Misri Effendi mendukung peningkatan kualitas BPD dan bersedia membimbing proses peningkatan tersebut. Dengan adanya kegiatan seperti ini, Misri Effendi berharap dapat terbentuk koordinasi, sinergitas, dan keselarasan antara Pemdes dan BPD dalam memahami sebuah kebijakan.

Silaturahmi diharapkan dapat meningkatkan sinergitas dan merevitalisasi pemerintahan desa

Baca Juga: Serbuan Vaksinasi Terus Berlangsung, Sasar Pelajar dan Masyarakat Umum

Sementara itu, Ketua FK BPD Kabupaten Ponorogo Arif Subiantoro menjelaskan, pihaknya serius dalam meningkatkan kualitas anggota BPD se-Ponorogo. Karena semakin berkualitas anggota BPD, maka pembangunan di desa pun dapat semakin maju.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan DPRD Ponorogo, Dinas PMD Ponorogo, dan Papdesi. Silaturahmi ini kita tindak lanjuti dengan pertemuan – pertemuan selanjutnya, yang dijadwalkan setiap bulan,” ujar Ketua FK BPD Ponorogo.

Lebih lanjut, mengenai tingkat kepahaman tupoksi, BPD akan diberikan bimtek. Tak jarang perangkat desa pun tidak mengetahui tupoksi BPD, sehingga bimtek bagi Pemdes pun diperlukan.

Baca Juga: Peringatan Hari Santri, Kemenag Gelar Upacara dan Launching Pelayanan PTSP

“Supaya ada sinkronisasi, akan diadakan bimtek bersama. Jadi Pemdes dan BPD akan diberikan bimtek secara bersama. Apa yang kami lakukan semata untuk Pemdes dan BPD dapat secara kompak dan sinkron memajukan desanya masing – masing” terang Arif Subiantoro.

Hadir dalam kegiatan silaturahmi ini diantaranya yaitu Wakil Ketua DPRD Ponorogo Misri Effendi, Kabid Pemdes Dinas PMD Toni Hermawan, Ketua Papdesi Ponorogo Riyanto, Ketua FK BPD Ponorogo Arif Subiantoro, dan Ketua FK BPD Slahung Didik Setiawan. 

Mengingat kegiatan ini digelar dalam masa pandemi, silaturahmi dilakukan dengan menetapkan protokol kesehatan / prokes yang ketat. Jumlah peserta dibatasi hanya sedikit, jarak tempat duduk diatur, menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, serta peserta wajib selalu memakai masker. (bid)

Bagikan