Vaksinasi Covid Pada Penyandang Disabilitas dan ODGJ Terus Dilakukan di Ponorogo

Terkini.id, Ponorogo – Bukan hanya pada orang yang sehat jasmani dan rohani, vaksinasi covid juga dilakukan pada penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Ponorogo. Ini dilakukan dengan harapan mereka pun dapat mempunyai kekebalan tubuh pada virus covid.

Di wilayah Kecamatan Bungkal, vaksinasi covid dosis I dilakukan pada penyandang disabilitas bertempat di Puskesmas Bungkal, Kamis 16 September 2021. Jumlah penyandang disabilitas yang telah tervaksin sebanyak 17 orang. Jenis vaksin yang digunakan adalah Sinopham 

“Vaksinasi oleh Tim Nakes Puskesmas Bungkal ini bertempat di Puskesmas Bungkal juga Door to Door. Kami berharap, dukungan dari semua elemen masyarakat untuk ikut mensukseskan percepatan vaksinasi covid 19 dengan harapan segera terbentuknya kekebalan tubuh terhadap covid,” kata AKP Suroso, Kapolsek Bungkal.

Baca Juga: Gowes Bersarung Ponorogo Pecahkan Rekor MURI

Sementara itu, untuk vaksinasi ODGJ di Desa Broto dan Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Kamis 16 September 2021, vaksinator UPT Puskesmas Slahung dibantu Babinsa dan Satgas Desa dengan cara door to door mendatangi warga ODGJ untuk diberikan vaksin Sinopham dosis kedua. 

Kapolsek slahung AKP Haryono, S.H. mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas membantu nakes dalam pelaksanan vaksinasi langsung menuju sasaran rumah – rumah penerima vaksin. “Dalam pelaksanaannya petugas Bhabinkamtibmas bersifat hanya mendampingi dan melakukan pengamanan agar berjalan aman kondusif, tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak aman,” terangnya.

Salah satu penyandang disabilitas di Ponorogo yang sudah melakukan vaksin covid-19

Baca Juga: Serbuan Vaksinasi Terus Berlangsung, Sasar Pelajar dan Masyarakat Umum

Sebelumnya, sebanyak 26 ODGJ yang selama ini rutin periksa di Puskesmas Ponorogo Utara, diberikan vaksin khusus untuk ODGJ. Kegiatan vaksin dilakukan di Gerai Vaksin Kelurahan Banyudono Ponorogo, Rabu 15 September 2021.

Menurut Nakes dari Puskesmas, meski ODGJ namun mereka masih bisa diajak berkomunikasi. Vaksinasi untuk mereka merupakan vaksinasi kedua dengan jenis Sinovac. Sebelumnya mereka sudah menerima vaksin pertama dua minggu yang lalu dan sudah sesuai jadwal untuk vaksin kedua.

Untuk antisipasi kejadian yang tidak di inginkan Polsek Ponorogo melaksanakan pengamanan kegiatan tersebut. “Kehadiran Polsek Ponorogo hanya sebatas pengamanan dan memberikan dukungan moril kepada nakes yang sedang melaksanakan vaksin kepada ODGJ dengan harapan pelaksanaan vaksin dapat berjalan lancar,” terang Ipda Winarto, Kanit Sabhara Polsek Ponorogo. (bid) 

Bagikan