Puluhan ODGJ di Ponorogo Mendapat Vaksinasi Covid-19

Terkini.id, Ponorogo – Puluhan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan penyandang disabilitas mental di Kecamatan Pulung dan Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo mendapat vaksinasi covid-19, Selasa 24 Agustus 2021. Vaksinasi bertempat di Puskesmas Kesugihan, Pulung dan Balai Desa Tatung, Balong.

ODGJ dinilai dapat diprioritaskan untuk mendapat vaksin. Semua mahfum jika ODGJ kesulitan dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, kerap kali makanan mereka kurang higienis. Ini menyebabkan ODGJ cukup rawan terpapar virus.

“Vaksin yang mereka terima sesuai arahan dari Pemerintah. Kita tahu mungkin ODGJ ini dari prokesnya tidak bisa dikendalikan, makanan pun kurang higienis. Itu menyebabkan rawan terjadinya penularan. Semoga vaksinasi ini dapat menekan penularan virus,” kata Iptu Haryadi, Kapolsek Pulung.

Baca Juga: Ribuan Alumni Darul Huda Mayak Hadiri Haul Akbar KH Hasyim...

Di Pulung, ada 4 ODGJ mendapat vaksinasi, berlangsung dari pukul 09.00 – 11.30 WIB. Di sela kegiatan, juga dilakukan pemberian bansos kepada ODGJ. Kegiatan tersebut terpantau lancar dan berjalan sesuai prokes yang telah ditetapkan.

Di Balong, vaksinator menyuntikkan vaksin Sinovac kepada kepada 26 ODGJ dan penyandang disabilitas mental. “Hari ini penyuntikan dosis pertama. Nanti dosis kedua setelah 24 hari dari dosis pertama,” kata dr. Ashary, Kepala Puskesmas Balong..

Baca Juga: Peringati Hardiknas, Bupati Ponorogo Buka Turnamen Olahraga

Para ODGJ yang divaksin datang ke Balai Desa Tatung dengan didampingi oleh keluarganya. Sebelum disuntik vaksin, mereka terlebih dahulu melalui proses screening, antara lain dicek kondisi kesehatannya. Tak ada kendala berarti yang dialami, ini karena sebelumnya sudah diberikan edukasi kepada keluarganya.

Vaksinasi ini diharapkan memberikan kekebalan tubuh pada ODGJ, sehingga penularan covid dapat diminimalisir. “Vaksinasi secara umum adalah untuk meningkatkan antibodi agar kekebalan tubuh ODGJ semakin baik. Ketika kekebalan tubuh yang semakin meningkat, menjadi langkah pencegahan awal terhadap penularan virus corona,” terang dr. Ahmad Firman, Kepala Puskesmas Kesugihan. (bid)

Bagikan