DPRD Ponorogo Gelar Rapat Paripurna dengan Dua Agenda

Terkini.id, Ponorogo – DPRD Kabupaten Ponorogo menggelar Rapat Paripurna dengan dua Agenda yaitu Penyampaian Bupati atas Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 dan Usulan Pencabutan Raperda Pembentukan Kecamatan Kota Lama dan Kecamatan Sumberejo.

Rapat yang berlangsung di Ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Ponorogo, Jum’at 16 Juli 2021 ini dihadiri diantaranya oleh Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, anggota DPRD. Sedangkan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo mengikuti rapat secara virtual.

Pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo

Ketua DPRD Ponorogo Sunarto menjelaskan, Raperda Pembentukan Kecamatan telah masuk pembahasan bersama antara Pemkab dan DPRD. Istilahnya sendiri bukan pembatalan, namun penarikan Raperda. 

Baca Juga: Polres Ponorogo Bergerak, Peduli Warga Terdampak Covid-19 dan PPKM Darurat

“Istilah pencabutan itu untuk membatalkan Perda yang telah ditetapkan dan diundangkan. Oleh sebab itu, istilah pencabutan ini sudah dibahas, diklarikasi, dan dinyatakan tidak berlaku. Istilah yang kita gunakan adalah penarikan,” jelas Sunarto.

“Penarikan dua Raperda telah melalui kajian dan pertimbangan yang mendalam. Besarnya anggaran yang diperlukan untuk pembentukan dua Kecamatan di tengah krisis ekonomi dan di tengah pandemi menjadi salah satu dasar penarikan,” tambahnya.

Baca Juga: Kodim Ponorogo Siap Salurkan Bansos Pada Warga Terdampak PPKM

Penarikan Raperda Pembentukan Dua Kecamatan ini belum final. Keputusan terakhir ada di pansus dan diputuskan pada tanggal 23 Juli 2021. Disetujui atau tidak, keputusan penarikan Raperda bersifat mengikat.

Agenda Paripurna yaitu Penyampaian Bupati atas Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 dan Usulan Pencabutan Raperda Pembentukan Kecamatan Kota Lama dan Kecamatan Sumberejo

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan bahwa telah dilakukan rapat antara perwakilan Kemendagri, perwakilan Pemprov Jatim, dan perwakilan Pemkab Ponorogo. Hasil rapat memberikan ruang bagi Pemkab untuk mempertimbangkan rencana pembentukan dua Kecamatan baru. 

“Pertimbangan ulang rencana ini disertai dengan berbagai penilaian dan kajian yang komprehensif dengan semangat mengedepankan masyarakat Ponorogo di tengah pandemi,” kata Sugiri Sancoko. 

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Polsek Siman Bagi Sembako dan Masker

“Dan berdasarkan itu, dengan pertimbangan dan kajian yang matang, Pemkab Ponorogo memutuskan untuk mengajukan permohonan penarikan Raperda tentang Pembentukan Kecamatan Kota Lama dan Kecamatan Sumberejo,” pungkasnya. (adv/bid)

Bagikan