Jamaah Haji Batal Berangkat, Kemenag Ponorogo Kembalikan 507 Paspor

Terkini.id, Ponorogo – Akibat masa pandemi yang masih melanda, jamaah Haji batal berangkat, termasuk dari Ponorogo. Menyikapi hal ini, Kemenag Ponorogo akan mengembalikan 507 calon jemaah haji yang berasal dari Ponorogo, Kamis 24 Juni 2021. Hal ini berdasarkan pada Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021.

Penyerahan paspor secara simbolis dilakukan di Ruang PTSP Kemenag Ponorogo, oleh Kabid PHU Kanwil Kemenag Jatim Dr. H.M. Nurul Huda, M. Pd. kepada Kepala Kantor Kemanag Ponorogo H. Syaikhul Hadi M.Fil.I.

“Penyerahan paspor jamaah haji adalah amanat KMA No 660 Tahun 2021 yang menyebutkan bahwa Kakanwil melakukan verifikasi paspor jamaah kemudian menyerahkan pasport jemaah ke Kankemenag Kabupaten/Kota. Kemudian Kankemenag Kabupaten/Kota melakukan verifikasi dan  memberitahukan kepada jamaah untuk mengambil paspor,” terang H. Syaikul Hadi, Sabtu 26 Juni 2021.

Baca Juga: Polres Ponorogo Bergerak, Peduli Warga Terdampak Covid-19 dan PPKM Darurat

Untuk teknis pengambilan paspor, akan diatur sedemikian rupa dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19. Kemenag juga akan mengatur supaya tidak terjadi kerumunan pada waktu pengambilan paspor. 

“Dengan memperhatikan kondisi saat ini yang masih dalam situasi pandemi, maka untuk Kabupaten Ponorogo pengambilan paspor akan diberitahukan lebih lanjut kepada jamaah dan secara teknis akan diatur agar sesuai prokes dan tidak terjadi kerumunan,” kata H. Syaikul Hadi.

Baca Juga: Kodim Ponorogo Siap Salurkan Bansos Pada Warga Terdampak PPKM

Lebih lanjut, Kepala Kemenag Ponorogo berharap pandemi bisa segera berakhir, sehingga kegiatan ibadah haji di tahun depan bisa dilaksanakan kembali. (bid)

Bagikan