Bupati Buka Pelatihan dan Pembinaan Kerajinan Pelepah Pisang Khas Ponorogo

Terkini.id, Ponorogo – Bupati Sugiri Sancoko membuka pelatihan dan pembinaan kerajinan berbahan pelepah pisang / debog khas Ponorogo di Gedung Galeri Sentra Industri Ponorogo, Senin 7 Juni 2021.

Kegiatan pelatihan dan pembinaan ini menggandeng Bank Mandiri dan Rumah BUMN Jatim. Pemanfaatan debog / pelepah pisang terintegrasi dengan program Pemkab yang lain yaitu pengembangan pisang Cavendish. 

“Namanya pucuk di cinta ulam tiba. Ketika kita sedang menggalakkan pisang cavendish, limbah debognya bisa kita manfaatkan. Saya berterima kasih pada Rumah BUMN dan Bank Mandiri yang peduli dan menggelar pelatihan BUMN ini,” kata Bupati Ponorogo. 

Pembukaan ditandai oleh pemukulan gong oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua TP PKK, dan Sekretaris Dinas Perdagkum Ponorogo

Baca Juga: Ribuan Alumni Darul Huda Mayak Hadiri Haul Akbar KH Hasyim...

Sugiri “Kang Giri” Sancoko memang terkenal menggalakkan produk – produk lokal. “Kita samakan rasa, saya juga himbau para birokrat dan pejabat untuk memakai produk lokal,” ujar Kang Giri. 

Lebih lanjut, Kang Giri bertekat untuk membuat Galeri Sentra Industri menjadi tempat merakyat, tidak terkesan elit. “Nanti jangan terlihat elit. Kita bisa tampil sederhana namun sopan, bisa pakai batik misalnya, pokok kita buat masyarakat nyaman berada di Sentra Industri,” tegasnya. 

Baca Juga: Peringati Hardiknas, Bupati Ponorogo Buka Turnamen Olahraga

Sementara itu, CEO Muda Rumah BUMN Jatim Rizki Meizano menjelaskan, bahwa pihaknya adalah tempat untuk pengembangan UMKM. Daya dukung Rumah BUMN ini selain melakukan pelatihan dan pendampingan juga membantu pemasaran, packaging, dan permodalan.

“Di Jatim ada 17 Rumah BUMN dan salah satunya di Ponorogo, yang dikelola oleh Bank Mandiri. Saat masa pandemi ini, pelatihan off line kami kurangi tapi tetap dilakukan,” jelas Rizki Meizano.

Kerajinan pelepah pisang terintregasi dengan pengembangan pisang Cavendish yang dicanangkan oleh Bupati Ponorogo

Kepala Cabang Bank Mandiri Ponorogo Dhaning Prasetyo Rini menyatakan pihaknya siap mendukung UMKM agar bisa sukses. “Selain permodalan, kami juga membantu pemasaran. UMKM dapat menjadi penyangga ekonomi nasional. Karena itu Bank Mandiri memperluas dan mempermudah permodalan UMKM,” ujarnya. 

Baca Juga: Peringati Hardiknas, Bupati Ponorogo Buka Turnamen Olahraga

Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dengan menghadirkan mentor dari Surabaya yaitu Wiwik Manfaati yang sudah dikenal luas sebagai  pengusaha kerajinan gedebog pisang dan enceng Gondok. Puluhan peserta sangat antusias dengan pelatihan ini karena melimpahnya bahan baku debog pisang di Ponorogo. (bid) 

Bagikan