Polres Ponorogo dan Jajaran Serentak Razia Balon Udara Tanpa Awak
Komentar

Polres Ponorogo dan Jajaran Serentak Razia Balon Udara Tanpa Awak

Komentar

Terkini.id, Ponorogo – Guna pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada H+ 3 Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis memerintahkan jajarannya untuk memaksimalkan razia balon udara tanpa awak dan petasan di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Ponorogo, Sabtu 15 Mei 2021.

Tak mau kecolongan, Apel kesiapan pun dilaksanakan pada pukul 04.30 WIB dipimpin langsung oleh Kapolres Ponorogo. Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya yaitu Wakapolres Ponorogo Kompol Meiridiani, Kabagops Polres Ponorogo Kompol Basuki Nugroho, PJU Polres Ponorogo, Kapolsek Jajaran Polres Ponorogo, serta anggota Polres dan Polsek Jajaran Polres Ponorogo.

Ada 21 Kecamatan yang menjadi sasaran razia balon dan petasan pagi ini. Kapolres Ponorogo menyampaikan bahwa operasi razia balon dan petasan ini terus dimaksimalkan sampai beberapa hari ke depan guna pemeliharan keamanan ketertiban yang kondusif di wilayah Ponorogo.

Polres Ponorogo dan Jajaran Serentak Razia Balon Udara Tanpa Awak
Belasan balon udara dan ratusan mercon berhasil diamankan oleh Polres Ponorogo

“Mengingat dampak negatif dari menerbangkan balon tanpa awak dan petasan yang bisa membahayakan diri sendiri dan masyarakat umum yaitu bisa mengganggu penerbangan pesawat terbang, menimbulkan kebakaran, dan memutus jaringan listrik jika balon dan petasan tersebut terbang dan mendarat,” kata Kapolres Ponorogo.

“Perbuatan tersebut melanggar undang undang No.1 tahun 2009 tentang penerbangan dengan ancaman pidana 2 tahun penjara dan denda 200 Juta,” jelasnya.

Baca Juga

Kapolres berharap kesadaran seluruh warga masyarakat Ponorogo agar tidak menerbangan balon tanpa awak dan petasan. “Bantulah kami, himbau saudara dan tetangga anda jika mengetahui warga yang hendak menerbangkan balon, agar mengurungkan niatnya,” ujar AKBP Mochamad Nur Azis.

Dalam razia balon kali ini Polres Ponorogo berhasil mengamankan Balon udara dan Petasan sejumlah 11 unit balon udara, 610 Petasan kecil, dan 22 petasan ukuran besar. (bid)