PWI Ponorogo Peringati HPN Dengan Penghijauan di Desa Bareng

Penghijauan
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ponorogo melakukan kegiatan penghijauan di Bantaran Sungai Bengawan Solo, Desa Bareng, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo

Terkini.id, Ponorogo – Jelang puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ponorogo melakukan kegiatan penghijauan di Bantaran Sungai Bengawan Solo, Desa Bareng, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Minggu 7 Februari 2021.

Penghijauan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Camat Babadan Suseno. Dan dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Camat Babadan, Kapolsek Babadan Iptu Yudi Kristiawan, Danramil Babadan Kapten Arm Heri Susanto, Kepala Desa Bareng Makmur Khafid Rosyidi, dan Ketua PWI Ponorogo Hadi Sanyoto. 

Menurut PWI Ponorogo, kegiatan penghijauan selalu dilakukan pada HPN sebagai bentuk sumbangsih pada lingkungan dan masyarakat.

“Ini adalah upaya kami untuk melestarikan lingkungan bersama-sama dengan masyarakat. Meski bibit yang kami sumbangkan tidak seberapa jumlahnya, semoga bisa menjadi sumbangsih yang bermanfaat bagi Ponorogo,” kata Hadi Sanyoto, Ketua PWI Ponorogo. 

Kegiatan penghijauan ditandai dengan pemotongan tumpeng yang diserahkan oleh Camat Babadan Suseno kepada Ketua PWI Ponorogo Hadi Sanyoto

Camat Babadan memberikan apresiasi pada PWI Ponorogo atas kepedulian pada kelestarian alam. Camat berharap kegiatan ini mampu menggelorakan semangat warga untuk menjaga kelestarian alam. 

“Masyarakat di bantaran sungai bisa terus menerus menggerakkan  penanaman sebagai penguat di bibir sungai. Karena lingkungan yang terjaga akan sangat besar manfaatnya bagi warga. Kalau bisa tanaman yang produktis sehingga bisa juga dinikmati hasilnya,” ujar Suseno, Camat Babadan. 

Bibit pohon yang ditanam adalah nangka, tabebuya, ketapang kencana, dan sengon

Senada dengan Camat Babadan, Kepala Desa Bareng menyatakan salut dengan apa yang dilakukan oleh PWI Ponorogo. Karena kegiatan penghijauan terus dilakukan demi membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga alam. 

“Konservasi alam penting dilakukan dan harus berkelanjutan. Karena selain berdampak pada pengurangan bencana, memperindah lingkungan, dan juga bisa diambil dari sisi ekonominya,” ungkap Makmur Khafid Rosyidi. 

Dalam kegiatan penghijauan di Desa Bareng, PWI Ponorogo menyerahkan sekitar 300 bibit tanaman dengan jenis Sengon, Nangka, Tabebuya, dan Ketapang Kencana kepada masyarakat bantaran sungai melalui Pemdes Bareng. Sejak akhir 2020 lalu, PWI Ponorogo telah melakuan penghijauan di sejumlah titik yaitu di Desa Purwosari, Desa Babadan, dan Desa Prajegan.

Penghijauan merupakan bagian dari rngkaian kegiatan yang dilakukan PWI Ponorogo dalam rangka memperingati HPN 2021

Lebih lanjut, penghijauan ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HPN. Berbagai kegiatan telah dan akan dilakukan oleh PWI Ponorogo, diantaranya yaitu roadshow penghijauan di beberapa tempat, dialog HPN di RRI Madiun, PWI Mengajar bersama pelajar SMKN 1 Badegan, Sambang Kerabat atau bakti sosial menyantuni warga terdampak covid-19, dan lomba video pendek bertema edukasi Covid-19 yang akan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. (bid)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Tepati Janji, Bupati Ponorogo Robohkan Pagar Pasar Eks Stasiun

Abdi Rakyat, Bupati Ponorogo Menolak Dikalungi Bunga

BPS Ponorogo Rilis Publikasi Kabupaten Ponorogo Dalam Angka Tahun 2021

Bupati Ponorogo: Lampu PJU Menyala Sampai Pagi

Awali Tugas, Sugiri Sancoko dan Lisdyarita Tinjau Kantor OPD

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar