Launching Pencanangan Menandai Dimulainya Vaksinasi Covid-19 di Ponorogo

Vaksinasi Ponorogo
Vaksinasi Covid-19 dimulai, Pasi Ops Kodim 0802/Ponorogo Kapten Arm Jamaludin adalah salah satu orang pertama yang mendapat vaksinasi di Ponorogo.

Terkini, Ponorogo – Launching pencanangan yang dilakukan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menandai dimulainya vaksinasi COVID-19 di Ponorogo. Launching ini bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo, Rabu 27 Januari 2021.

Dalam launching ini, 14 orang dipilih untuk menjadi penerima vaksin pertama di Ponorogo. Bupati Ipong Muchlissoni tidak ikut divaksin karena pernah terkena Covid-19. “Vaksin merek Sinovac ini tidak boleh diberikan pada orang yang memiliki penyakit bawaan tertentu dan orang yang sudah pernah terkena Covid-19. Saya, Kapolres, dan Dandim pernah terkena Covid, karena itulah kami tidak bisa ikut divaksin,” terang Ipong. 

Menurut Ipong, vaksinasi rencananya dilaksanakan sampai Juni 2022. Vaksinasi ini adalah upaya Pemerintah dalam menanggulangi Covid-19

“Untuk petugas kesehatan sampai April di tahap pertama. Pelayanan publik dan seluruh rakyat Indonesia juga wajib vaksinasi. Untuk Ponorogo sudah datang kurang lebih 4.000 vaksin,” jelas Ipong. 

Sekda Ponorogo Agus Pramono, yang juga Ketua Satgas Covid menjelaskan prosedur vaksinasi yaitu akan dilaksanakan 2 kali. Setelah divaksin pertama, 14 hari kemudian akan divaksin lagi. 

Wakapolres Ponorogo Kompol Meiridiani mendapat Kartu Vaksinasi Covid-19, menunjukkan bahwa dirinya telah mendapat vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, Wakapolres Ponorogo Kompol Meiridiani yang mendapat vaksinasi menuturkan, dirinya percaya 100% pada keputusan Pemerintah terkait dengan vaksin. 

“Persiapannya kemarin saya tes swab, hasilnya saya negatif, karena itu saya ikut vaksinasi. Ini adalah bentuk ikhtiar saya untuk tidak terpapar virus Covid-19. Tidak ada yang aneh dalam vaksinasi, biasa saja. Dan saya percaya bahwa yang dilakukan Pemerintah untuk rakyatnya adalah yang terbaik,” tegas Kompol Meiridiani. 

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ponorogo Rahayu Kusdarini mengatakan bahwa setelah launching ini, vaksinasi akan dilakukan pada tenaga kesehatan (nakes) di Ponorogo. 

“Sasaran nakes yang telah terdaftar sekitar 4.600 orang. Hari ini kita lanjutkan vaksinasi di Dinkes, dalam 4 hari ke depan kami berharap dapat menyelesaikan vaksinasi pada nakes,” kata Rahayu Kusdarini. 

Vaksinator di Ponorogo berjumlah sekitar 200 orang dan tersebar di Ponorogo, termasuk di 41 faskes yang telah mempunyai SK. Kadinkes berharap vaksinator itu cukup untuk menyelesaikan target vaksinasi dalam 4 hari ini.

Empat belas orang yang dipilih untuk mendapat vaksin adalah 10 tokoh masyarakat dan 4 perwakilan tenaga kesehatan. Mereka adalah Sekda Kabupaten Ponorogo, Wakapolres Ponorogo, Kepala Kemenag Ponorogo, Hakim Pengadilan Negeri Ponorogo, Kepala Kejaksaan Negeri Ponorogo, Pasi Ops Kodim Ponorogo, perwakilan NU, perwakilan Muhammadiyah, Kepala Dinas Satpol PP, Kepala Dinas BPBD, Ketua IDI Ponorogo, Ketua IDGI Ponorogo, Ketua Bidan Kabupaten Ponorogo, dan Ketua Perawat Kabupaten Ponorogo. (bid) 

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Tepati Janji, Bupati Ponorogo Robohkan Pagar Pasar Eks Stasiun

Abdi Rakyat, Bupati Ponorogo Menolak Dikalungi Bunga

BPS Ponorogo Rilis Publikasi Kabupaten Ponorogo Dalam Angka Tahun 2021

Bupati Ponorogo: Lampu PJU Menyala Sampai Pagi

Awali Tugas, Sugiri Sancoko dan Lisdyarita Tinjau Kantor OPD

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar