Sidang Benny Ditunda, Kuasa Hukum Terdakwa Kecewa

Sidang Pidana
Persidangan Benny Sulistyanto di Pengadilan Negeri Ponorogo, Selasa 19 Januari 2021 ditunda karena Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak memberikan surat panggilan kepada terdakwa.

Terkini.id, Ponorogo – Persidangan Benny Sulistyanto di Pengadilan Negeri Ponorogo, Selasa 19 Januari 2021 ditunda karena Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak memberikan surat panggilan kepada terdakwa. Sidang ditunda dan akan dilaksanakan pada Kamis, 28 Januari 2021.

“Berhubung sampai detik ini belum ada panggilan, yang merupakan hak dari klien kami dan merupakan kewajiban dari JPU, maka sidang ditunda,” terang Krisbiyanto Widhi Nugroho, kuasa hukum Benny. 

Siswanto, kuasa hukum Benny yang lain menyesalkan hal ini. Dirinya kecewa karena proses yang bertele – tele akan merugikan kliennya. Apalagi surat panggilan ini adalah hak dari terdakwa. 

“Klien saya tidak diberi surat panggilan selaku terdakwa oleh JPU. Kami kecewa karena mengingat peradilan tentang pidana Pemilu waktunya terbatas, hanya 7 hari. Tidak adanya panggilan membuat waktunya molor sehingga  sidang hari ini terbuang sia-sia. Bisa dikatakan ini bertele – tele. Saya kasihan dengan klien saya kalau begini, tidak ada kepastian,” jelas Siswanto.

Kuasa hukum terdakwa menyesalkan molornya proses persidangan dan terkesan bertele – tele, dimana hal itu dapat merugikan klien mereka.

Panggilan sidang sah apabila terdakwa diberi surat panggilan, sesuai dengan alamat kediaman terakhir terdakwa. JPU wajib memanggil terdakwa selambat – lambatnya tiga hari sebelum sidang dimulai. 

“Kami meminta agar pihak JPU untuk selalu berdasar pada hukum acara, sehingga proses persidangan ini bisa berjalan lancar sesuai dengan ketentuan regulasi yang ada,” tegas Siswanto. 

Menurut I Gede Wiraguna Wiradarma selaku JPU, surat panggilan tidak ada dikarenakan pihaknya baru kemarin menerima penetapan sidang. Dirinya akan memenuhi kewajibannya untuk memanggil terdakwa pada proses sidang selanjutnya. 

“Baru kemarin menerima dari admin tentang penetapan sidang. Jadi karena faktor admin. Dan ini kan karena terdakwa tidak ditahan dan tidak bisa ditahan. Untuk selanjutnya, kami akan membuat surat panggilan, selambat – lambatnya 3 hari sebelum sidang,” ujar I Gede Wiraguna Wiradarma.

Benny didakwa melakukan tindakan pemilu yaitu ujaran kebencian ketika masa kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo tahun 2020. (bid)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Tepati Janji, Bupati Ponorogo Robohkan Pagar Pasar Eks Stasiun

Abdi Rakyat, Bupati Ponorogo Menolak Dikalungi Bunga

BPS Ponorogo Rilis Publikasi Kabupaten Ponorogo Dalam Angka Tahun 2021

Bupati Ponorogo: Lampu PJU Menyala Sampai Pagi

Awali Tugas, Sugiri Sancoko dan Lisdyarita Tinjau Kantor OPD

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar