Desa Purwosari dan PWI Ponorogo Peringati Hari Keanekaragaman Hayati

Hari Pers Nasional
Pemdes Purwosari menggelar Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati bersama PWI Ponorogo di Lapangan Desa Purwosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Selasa 29 Desember 2020.

Terkini.id, Ponorogo – Pemerintah Desa Purwosari menggelar Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ponorogo di Lapangan Desa Purwosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Selasa 29 Desember 2020.

Peringatan ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Dalam peringatan ini, dilakukan penghijauan dengan menanam 500 tanaman tabebuya dan 200 kelapa. 

Kades Purwosari Sukatman menjelaskan, penghijauan dilakukan untuk merindangkan kembali suasana alam desa yang agak gersang. Penghijauan juga diharapkan dapat menjaga dan melestarikan sumber air.

“Hal ini juga dalam mewujudkan pencanangan desa ramah anak. Jika alam rindang, teduh, indah, dan terjaga alamnya, maka akan tercipta suasana nyaman untuk anak – anak,” kata Sukatman.

Dalam peringatan Hari Keanekaragaman Hayati, dilakukan penghijauan dengan menanam 500 tabebuya dan 200 kelapa.

Sebagai bukti komitmen untuk menjaga alam, Pemdes dan elemen masyarakat Purwosari menandatangani MoU. Rencananya program penghijauan akan dilakukan secara berkelanjutan dengan menganggarkan dana pada APBDes. 

PWI Ponorogo sudah lama berkomitmen menjaga kelestarian alam.  Penghijauan sudah dilakukan di beberapa lokasi sejak tahun 2016 silam. 

Ketua PWI Ponorogo Hadi Sanyoto menyerahkan bibit tanaman tabebuya pada Kepala Desa Purwosari Sukatman.

“Menjaga kelestarian alam merupakan komitmen kami. Harapannya penghijauan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga sumber air dan mengimbangi eksploitasi sumber air untuk pertanian,” jelas Hadi Sanyoto, Ketua PWI Ponorogo. 

Penghijauan yang digagas oleh PWI Ponorogo dimulai dengan dimulainya pencangan refugia di Desa Lembah pada tahun 2016 bersama Kodim 0802/Ponorogo. Pada tahun 2017 dilakukan penghijauan di Kawasan Wisata Midodaren Desa Poh Ijo Sampung. Lalu pada 2018 launching refugia di Desa Lembah, pada tahun 2019 penghijauan dilakukan di kawasan sumber air Mbeji Sorodipo di Desa Wayang, dan tahun 2020 di desa Purwosari ini. 

Menjaga kelestarian alam sudah menjadi komitmen dari PWI Ponorogo, dan diwujudkan sejak lama dengan melakukan penghijauan di beberapa lokasi di Ponorogo.

Kegiatan di tengah pandemi ini dilakukan secara sederhana dan mematuhi standar Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. Penghijauan turut dihadiri Camat Babadan Suseno, Danramil Babadan Kapten Arm Heri Susanto, Kapolsek Babadan Iptu Yudi Kristiawan, anggota PWI Ponorogo, dan elemen masyarakat Desa Lembah. (bid) 

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Tepati Janji, Bupati Ponorogo Robohkan Pagar Pasar Eks Stasiun

Abdi Rakyat, Bupati Ponorogo Menolak Dikalungi Bunga

BPS Ponorogo Rilis Publikasi Kabupaten Ponorogo Dalam Angka Tahun 2021

Bupati Ponorogo: Lampu PJU Menyala Sampai Pagi

Awali Tugas, Sugiri Sancoko dan Lisdyarita Tinjau Kantor OPD

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar