Jelang Natal, Polsek Sooko dan Polsek Ngebel Ponorogo Lakukan Sterilisasi

Sterilisasi Gereja
Polsek Sooko bersama Sat Sabhara Polres Ponorogo melakukan sterilisasi di Gereja Santo Hillarius Klepu di Sooko Ponorogo, Kamis 24 Desember 2020.

Terkini.id, Ponorogo – Guna mengamankan perayaan Malam Hari Raya Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru 2021, Polsek Sooko dan Polsek Ngebel Polres Ponorogo melakukan sterilisasi di wilayahnya, Kamis 24 Desember 2020.

Polsek Sooko bersama Sat Sabhara Polres Ponorogo melakukan sterilisasi di Gereja Santo Hillarius Klepu di Sooko Ponorogo. Dan Polsek Ngebel sterilisasi di Gereja Bhatel Tabernakel di Ngebel Ponorogo. 

Di Sooko, petugas sterilisasi dari Sat Sabhara yang dipimpin Kasat Sabhara AKP Edi Suyono. Menyisir setiap sudut ruang gereja baik gerbang pintu masuk,  mimbar pendeta, tempat duduk jemaat, gamelan serta halaman dan lingkungan gereja menggunakan metal detector.  

“Kami lakukan sterilisasi dan menyisir di beberapa sudut ruangan gereja sebagai antisipasi. Kami juga memastikan keamanan dan protokol kesehatan berjalan baik, saat pelaksanaan nanti giat perayaan Hari Raya Natal nanti,” kata AKP Edi Suyono. 

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya penularan virus Covid-19, baik panitia maupun pengurus Gereja Santo Hillarius Klepu membagi jumlah jemaat yang hadir di gereja pada saat misa malam Natal dan misa Natal menjadi tiga tempat dengan kapasitas kurang lebih 100 jemaat.

Ketua Panitia Perayaan Hari Raya Natal Agustinus Wiyono mengatakan, Gereja Santo Hillarius Klepu memiliki daya tampung sekitar 1.000 jemaah. Namun untuk malam misa Hari Raya Natal, jemaat yang dimungkinkan hadir sebanyak 400 jemaat atau sekitar 40 persen yang terbagi dalam dua sesi yaitu pada pukul 18.00 wib dan pukul 20.00 wib.

“Karena adanya pandemi virus Covid-19 sekarang perayaan Hari Raya Natal tahun 2020 berbeda dari tahun kemarin, jadi jemaat yang mau beribadah saat malam misa nanti hanya sekitar 400 jemaat yang terbagi dalam 3 tempat dan juga dijadikan 2 sesi serta dari tiap tempatnya hanya menyediakan 100 tempat duduk,” kata Ketua Panitia Agustinus Wiyono.

Dia juga menambahkan khusus untuk jemaat yang mempunyai anak kecil, pelaksanaan misa Hari Raya Natal dilaksanakan pada pagi harinya.

“Khusus untuk jemaat yang mempunyai anak kecil, pelaksanaan misa Hari Raya Natal dilaksanakan pada pagi hari besuk dan khusus dari jemaat atau pengunjung dari luar kota kami dari Panitia sudah menghimbau untuk menunda untuk datang karena masih adanya pandemi sekarang ini,” pungkas Agustinus.

Polsek Ngebel melakukan sterilisasi di Gereja Bhatel Tabernakel di Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Kamis 24 Desember 2020.

Di Ngebel, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh anggota Polsek Ngebel dan langsung di pimpin oleh Kapolsek Ngebel Iptu Eko Murbiyanto memeriksa seluruh ruangan gereja maupun halaman gereja untuk memastikan tidak ada benda berbahaya di gereja.

Dalam kegiatan sterilisasi di gereja Bhatel Tabernakel tersebut, Polsek disambut oleh pendeta Daniel Sudarmono. Kapolsek Ngebel menghimbau kepada Pendeta Daniel Dalam kegiatan perayaan natal untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan agar menyampaikan kepada jema’at untuk tetap menerapkan 3M Mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. 

“Selama pelaksanaan sterilisasi di gereja Bhatel Tabernakel tidak ditemukan adanya benda benda yang mencurigakan dan kami berharap dalam pelaksanaan ibadah atau perayaan natal berjalan dengan aman dan lancar,” pungkas Iptu Eko Murbiyanto. (bid)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Tepati Janji, Bupati Ponorogo Robohkan Pagar Pasar Eks Stasiun

Abdi Rakyat, Bupati Ponorogo Menolak Dikalungi Bunga

BPS Ponorogo Rilis Publikasi Kabupaten Ponorogo Dalam Angka Tahun 2021

Bupati Ponorogo: Lampu PJU Menyala Sampai Pagi

Awali Tugas, Sugiri Sancoko dan Lisdyarita Tinjau Kantor OPD

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar