Gemayur, Anak Sehat Cerdas Dengan Buah dan Sayur

Terkini.id, Ponorogo – Dinas Pertanian (Dispertan) Ponorogo menggelar sosialisasi Gemayur (Gerakan Makan Buah dan Sayur) di Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Senin 9 November 2020. Gemayur bertujuan untuk meningkatkan konsumsi sayur dan buah pada masyarakat, khususnya anak – anak. 

Kepala Dispertan Ponorogo, Andi Susetyo menjelaskan, program baru ini adalah upaya pembelajaran pada generasi muda atas pentingnya makan buah dan sayur. Dan juga merupakan kelanjutan program Ketahanan Dapur yang dicanangkan oleh Pemkab Ponorogo. 

“Kami lihat anak – anak itu kecendurangannya sekarang fast food dan jajan, sementara konsumsi buah dan sayur kurang. Kita ingin pola konsumsi pangan itu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman)”, kata Andi Susetyo. 

Kepala Dispertan Ponorogo, Andi Susetyo mengatakan Gemayur bertujuan untuk meningkatkan konsumsi sayur dan buah pada masyarakat, khususnya anak – anak.

Baca Juga: Dihadiri Musisi Kondang, GMS SMAN 1 Ponorogo Meriahkan Grebeg Suro

Produksi sayur dan buah di Ponorogo cukup banyak. Dispertan berharap masyarakat dapat memanfaatkan hal ini dengan cara mengkonsumsinya. 

Sementara, Camat Babadan memberikan apresiasi pada KWT Sri Makmur Kertosari, yang mampu memikirkan cara bagaimana generasi penerus dapat tumbuh kembang dengan baik. 

Baca Juga: Beri Perhatian Khusus Pada PMK, Bupati Ngantor di Pudak

“Inisiatif mengadakan kegiatan Gemayur ini luar biasa, ini salah satu cara untuk membuat anak – anak kita menjadi sehat dan cerdas. Anak – anak kita adalah generasi penerus, mereka harus sehat dan cerdas”, ujar Suseno, Camat Babadan. 

Kegiatan Gemayur ini menggandeng KWT Sri Makmur Kertosari dan mengundang anak – anak lingkungan setempat. Anak – anak antusias mendengarkan narasi materi yang dibawakan oleh Kak Ucon, santri pendongeng kondang dari Ponorogo. (bid) 

Bagikan